Mengapa Komentar di Blog Saya Sedikit ?

Ya, itulah pertanyaan yang sering muncul dalam otak kita. Baik dari sebuah forum dan email secara pribadi . Menurut saya adalah jumlah komentar tak selalu berarti menunjukkan kesuksesan dari blog tersebut.
Ada sejumlah faktor yang membuat mengapa ada blog yang komentarnya rame dan mengapa ada blog yang komentarnya sedikit, bahkan boleh jadi bisa tidak ada sama sekali. Hal inipun saya alami dengan blog yang saya buat tetapi itu tidak menjadi penghalang buat saya untuk terus menulis.
Menurut saya dalam mengikuti berbagai forum dan menyakan "Mengapa komentar di Blog Saya Sedikit ? ", Lalu mereka membalas (mereka disini ialah para bl0ger yang blognya sudah terbilang profesional) Salah satu faktor utamanya, kata mereka, menurut saya "tergantung dari isi blog dan hal ini juga tercermin dari karakter komunitas pembacanya dan kalau kamu ingin mengetahui bagaimana pertimbangannya coba kamu bandingkan blog yang isinya Tips dan Rumor" begitu jawabnya.
Akhirnya saya cari tahu dan melihat dalam salah satu blog yang pernah saya kunjungi mungkin ini bisa membantu para pembaca dan khususnya saya sendiri untuk fenomena ini. Saya melihat sebuah contoh isi blog yang pertama ialah sebuah Tips dan  ke dua ialah Rumor.
Pertama untuk Tips
  • Jumlah komentar. hampir di setiap posting rata-rata di tinggalin 10 buah komentar oleh pembacanya.
  • Jumlah pengunjung. 100 pengunjung unik perhari
  • Updating. 3 kali seminggu
Kedua untuk Rumor
  • Jumlah komentar. jarang sekali ada komentar yang masuk, paling cuma 1-2 komentar itu pun hanya beberapa di posting saja.
  • Jumlah pengunjung. 500 pengunjung unik perhari
  • Updating. 3 posting setiap hari

Analisa.

Ternyata karakter pembaca Tips NgeBlog memang suka lebih sharing, sehingga komentar banyak yang masuk. Setiap ada posting baru mereka berbagi pengalaman dan pengetahuan aktivitas NgeBlognya termasuk saya sendiri. Nah tapi kalau dilihat dari statistic unique visitors , jumlahnya biasa-biasa saja bukan ??
Lain halnya dengan Rumor,  pembaca justru tak begitu hobi ninggalin komentar. Yang penting mereka baca info-info atau rumor-rumor terbaru soal gadget dan pernak-perniknya. Jumlah mereka justru lebih banyak, lebih dari 500 pengunjung unik setiap harinya.
Akhirnya saya dapat perbandingannya dan saya hanya akan fokus menyiapkan posting-posting sebaik mungkin. Tak terlalu memikirkan bagaimana dan berapa jumlah komentar yang akan masuk di blog saya.
Kalaupun ada komentar nanti yang masuk, itu adalah hanya sebuah bonus saja. Tanpa ada komentar pun, tak membuat saya berkecil hati.

Kesimpulan

Yang terpenting ialah khususnya buat diri saya sendiri dan para pembaca yang budiman tetap terus berkreativitas menulis apa yang kamu ingin tulis jangan terlalu memikirkan hal-hal yang dapat membuyarkan konsentrasi kita dalam NgeBlog. n_n  


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

2 comments: on "Mengapa Komentar di Blog Saya Sedikit ?"

Ramayanti mengatakan...

hai adit!! salam kenal ya.
yap hal itu jg pernah jd tanda tanya at gue
tapi hal itu gk tlalu gue pikirn
cos gue pendatang baru di dunia blog. .hahahaha
yang penting lo jalani apa yang lo mau.....
terserah orang mo bilang apa.
hehe kok jd egois ya.....

Adit's Blog mengatakan...

@ rara JLovEmoy: iy bener yg rara blg, qt tuangkan j semua yg ada di pikiran qt n jgn terlalu mentingin ada yg coment ap nggk. yg penting tetep berkarya. hehe

Posting Komentar

Komentarmu, semangat Blogku...