Ketika Laptop Bermasalah

Bau Asap
Kalau yang ini sih biasanya berhubungan dengan sumber listrik. Hal pertama yang perlu di perhatikan adalah memeriksa sumber listrik laptop. Apakah laptop dalam keadaan tersambung dengan adaptornya? Apabila iya, maka cepat-cepat cabut adaptornya.
Lalu coba nyalakan laptop Anda dengan menggunakan baterai. Kalau menyala, masalah disebabkan oleh adaptor laptop. Barangkali adaptornya sudah dalam kondisi yang buruk. Bisa juga karena yang di keluarkan adaptor melebihi batas kemampuan laptop sehingga menimbulkan konslet pada komponen laptop.

Suhu Ruangan
Cek suhu ruangan. Apakah Anda berada di ruangan bertemperatur tinggi? Apa Laptop langsung terkena sinar matahari? Kalau iya, bisa jadi laptop mengalami panas berlebih.
Solusinya, coba gunakan cooling pad atau pindahkan laptop Anda ke ruangan yang lebih sejuk. Oh iya, jangan letakkan laptop di atas permukaan yang lunak contohnya kasur. Karena dapat menghambat energi panas yang di keluarkan laptop melalui lubang sirkulasi udara. Panas yang seharusnya dibuang keluar oleh laptop tidak tersalurkan dengan baik. Laptop bisa saja tidak mau menyala. Coba diamkan beberapa saat lalu nyalakan kembali.

Baterai
Baterai ini sering primadona dalam urusan laptop yang ngadat, Jika Anda pakai baterai untuk laptop, cek suhu baterai Anda ketika laptop mendadak mati. Apa panasnya “Lebay”? Jika baterai terpasang bersama dengan adaptor laptop, coba lepaskan salah satu. Jadi, misalnya laptop hanya di tenagai oleh baterai atau listrik dari adaptor.
Isi baterai sampai penuh lalu gunakanlah baterai tersebut untuk menyakan laptop. Kalau baterai cepat habis, misalnya habis dalam waktu 10 sampai 30 menit dari kondisi pertama penuh, kemungkinan baterai laptop Anda sudah bocor. Siap-siap saja untuk beli baterai baru.


Kipas & Hardisk Tak Berputar
Kalau yang ini kemungkinan di dalam laptop rusak, sehingga terjadi panas berlebih. Bagaimana tidak panas kalau perangkat pendinginnya rusak ?!
Cek lampu indikator yang ada di tombol power laptop. Jika tidak nyala maka kemungkinan ada masalah pada baterai atau adaptor laptop Anda. Coba tes baterai dan adaptor laptop Anda di laptop lain yang sejenis. Apabila baterai dan adaptor berfungsi dengan baik, maka ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama yaitu konektor DC yang ada pada laptop Anda bermasalah, Kedua, Kemungkinan motherboard laptop harus di ganti.

Lampu Nyala, LCD Mati
Kalau yang ini ada banyak kemungkinan. Yang paling mungkin adalah, kabel konektor LCD kendor atau putus. Jika kendor atau tidak terpasang dengan baik, kencangkanlah konektor LCD tersebut.
Periksa juga kondisi kabel konektor LCD. Gunakan multitester untuk mengetahui kondisi kabel. Apabila LCD baik-baik saja, coba gunakan monitor eksternal untuk mencobanya. Apabila ada display dengan Monitor eksternal, maka kemungkinan LCD laptop Anda rusak.
Gantilah LCD dengan yang baru. Tentunya sebelum mengganti LCD, Anda wajib memperhatikan kompabilitas LCD tersebut dan harga-harga mahal lho ganti LCD.

Laptop Nyala, Layar Tetap Hitam
Coba tekan tombol pengaturan cahaya yang ada pada keyboard laptop. Siapa tahu masih diatur ke paling gelap? Jadi sebelum Anda memakai laptop tersebut, Anda harus mengatur pencahayaan laptop secara manual.
Apabila tidak berhasil, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencoba masuk BIOS. Tekan “F2” untuk masuk ke BIOS kebanyakan tipe laptop biasanya menggunakan “F2”. Untuk masuk BIOS. Layar yang tetap hitam bisa gara-gara BIOS yang rusak, Biasanya salah satu update BIOS bisa jadi penyebab. Coba roll back (kembalikan) BIOS ke versi sebelumnya. Selain masalah pada BIOS, hal ini juga disebabkan oleh rusaknya kartu grafis laptop maupun RAM laptop dan rusaknya inverter lampu backlight yang tidak berfungsi.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Ketika Laptop Bermasalah"

Posting Komentar

Komentarmu, semangat Blogku...